Iftar Adalah

Pengertian Iftar

Hello Sobat Teknohits! Bagi umat Muslim, iftar adalah salah satu momen yang sangat dinantikan saat menjalankan ibadah puasa. Iftar merupakan waktu berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Saat iftar, umat Muslim akan memakan makanan dan minuman untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Tradisi Iftar

Selain menjadi momen untuk berbuka puasa, iftar juga memiliki tradisi dan kebiasaan tersendiri di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, misalnya, iftar identik dengan menu berbuka puasa yang khas seperti kolak, ketupat, opor ayam, dan lain-lain. Di negara-negara Timur Tengah, iftar sering dirayakan dengan makanan khas seperti kurma dan air zamzam.

Keutamaan Iftar

Berpuasa dan berbuka puasa merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam Al-Quran, Allah SWT. berfirman, “Maka berbukalah kamu dengan (makanan) yang halal dan baik (dalam jumlah) yang cukup, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A’raf: 31).

Menurut hadis, berbuka puasa dengan segelas air juga memiliki keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang berbuka puasa dengan segelas air putih, Allah akan memberikan kepadanya minuman dari telaga Rasulullah yang tidak akan pernah kehausan lagi sampai dia masuk surga” (HR. Ahmad).

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai iftar. Bagi umat Muslim, iftar adalah momen yang sangat spesial di bulan Ramadhan. Selain menjadi waktu untuk berbuka puasa, iftar juga memiliki nilai keagamaan dan keutamaan tersendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits yang ingin mengetahui lebih banyak tentang iftar.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Iftar Adalah