Karakteristik Negara Myanmar

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang karakteristik negara Myanmar. Negara yang terletak di Asia Tenggara ini memiliki banyak keunikan dan keindahan yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Yuk, kita simak bersama-sama!

Batas Wilayah

Myanmar memiliki batas wilayah dengan Bangladesh di sebelah barat laut, India di sebelah utara dan timur laut, Cina di sebelah timur laut, Laos di sebelah timur, dan Thailand di sebelah selatan.

Luas Wilayah

Luas wilayah Myanmar mencapai sekitar 676.578 km², menjadikannya negara terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

Iklim

Iklim di Myanmar tergolong tropis dan dipengaruhi oleh angin muson. Musim kemarau berlangsung dari November hingga April, sedangkan musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober.

Bahasa

Bahasa resmi negara Myanmar adalah Bahasa Burma. Namun, terdapat banyak bahasa lainnya yang juga digunakan di negara ini seperti bahasa Inggris, bahasa Shan, bahasa Kachin, dan lain-lain.

Agama

Mayoritas penduduk Myanmar memeluk agama Buddha, sekitar 87,9%. Selain itu, terdapat juga agama Kristen, Islam, Hindu, dan animisme.

Mata Uang

Mata uang resmi negara Myanmar adalah Kyat. Satu Kyat setara dengan 100 pya.

Pertanian

Pertanian menjadi sektor utama perekonomian Myanmar. Tanaman pangan yang dihasilkan antara lain padi, jagung, kedelai, dan kacang hijau. Sedangkan tanaman perkebunan yang dihasilkan antara lain kopi, teh, dan karet.

Pariwisata

Myanmar memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Kuil Shwedagon, Pagoda Kyaiktiyo, Danau Inle, dan Bagan. Selain itu, negara ini juga terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri.

Makanan Khas

Makanan khas Myanmar antara lain Mohinga, sejenis sup mie dengan kuah ikan, dan Laphet Thoke, sejenis salad dengan daun teh dan kacang tanah.

Budaya

Budaya Myanmar dipengaruhi oleh agama Buddha dan kebudayaan Thailand serta India. Beberapa budaya yang terkenal di Myanmar antara lain tarian tradisional Zat Pwe dan pakaian tradisional Longyi.

Transportasi

Transportasi di Myanmar terutama mengandalkan kendaraan darat seperti bus dan taksi. Namun, terdapat juga transportasi air seperti kapal dan perahu yang digunakan di daerah-daerah yang memiliki sungai besar.

Pendidikan

Pendidikan di Myanmar wajib hingga usia 15 tahun. Terdapat banyak universitas dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menyediakan pendidikan di berbagai bidang.

Olahraga

Olahraga yang populer di Myanmar antara lain sepak bola, bola basket, bulu tangkis, dan tinju. Negara ini juga pernah menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 2013.

Industri

Industri yang berkembang di Myanmar antara lain industri makanan dan minuman, tekstil, dan pengolahan kayu. Namun, industri ini masih terbilang kecil dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Keamanan

Negara Myanmar masih terkenal dengan kasus pelanggaran hak asasi manusia dan konflik etnis. Namun, pemerintah Myanmar sedang berusaha untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di negara ini.

Kesenian

Kesenian Myanmar terkenal dengan patung-patung Buddha, lukisan, dan seni ukir kayu. Selain itu, terdapat juga kesenian tradisional seperti tari dan seni bela diri.

Media

Media di Myanmar masih terbilang kurang berkembang. Namun, sejak tahun 2012, pemerintah Myanmar telah membebaskan pembatasan media dan mengizinkan media swasta untuk beroperasi di negara ini.

Sistem Pemerintahan

Myanmar memiliki sistem pemerintahan republik dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Namun, pemerintah Myanmar masih dianggap kurang demokratis.

Perdagangan

Perdagangan di Myanmar masih terbilang kecil. Namun, negara ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena letaknya yang strategis dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Kesimpulan

Myanmar adalah negara yang memiliki banyak keunikan dan keindahan. Namun, negara ini juga masih memiliki banyak masalah yang harus diatasi. Dengan meningkatkan kesadaran dan kerjasama, kita dapat membantu Myanmar untuk menjadi negara yang lebih baik.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Karakteristik Negara Myanmar