Cara Mencerahkan dan Meredupkan Layar Laptop Paling Gampang

Saat mengoperasikan laptop, sangat penting untuk mengatur pencahayaan layar agar tidak membuat mata jadi sakit. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara mencerahkan dan meredupkan layar laptop tersebut. Padahal ini sangat penting untuk diketahui, agar bisa membuat mata lebih nyaman saat menatap layar laptop tersebut.

Misalnya saja saat kita mengoperasikan laptop di luar ruangan atau ruangan yang banyak cahaya, maka perlu mengatur kecerahan layar ke tingkat paling tinggi. Sebaliknya, jika mengoperasikan di ruangan gelap atau saat malam hari, maka paling nyaman mengatur kecerahan layar ke tingkat rendah.

Lantas, bagaimana cara mencerahkan dan meredupkan layar laptop? Informasi selengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Mencerahkan dan Meredupkan Layar Laptop

Sangat mudah untuk mengatur kecerahan pada layar laptop, baik itu untuk laptop Windows 7, 8 hingga Windows 10. Anda yang masih awam pun bisa dengan mudah menerapkan cara ini. Adapun cara mencerahkan dan meredupkan layar laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengatur Kecerahan Layar di Windows 7

Mengatur Kecerahan Layar di Windows 7
Sumber gambar: dimensi data

Yang pertama akan dibahas cara untuk mencerahkan dan meredupkan layar di Windows 7. Setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kecerahan layar laptop tersebut, di antaranya:

Cara 1 – Lewat Control Panel

  • Langkah yang pertama Anda buka Control Panel. Caranya klik Start Menu, kemudian klik pada menu Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel, Anda masuk ke opsi Hardware and Sound.
  • Kemudian cari opsi Power Options, Anda klik pada opsi Adjust Screen Brightness yang ada di bawah opsi tersebut.
  • Sekarang Anda tinggal geser ke kanan atau ke kiri pada slider di bagian Screen Brightness di bawah tampilan.

Cara 2 – Melalui Kombinasi Tombol

  • Pertama Anda periksa tombol antara F1 sampai F12. Cari tombol yang terdapat logo untuk mengatur cahaya layar.
  • Jika sudah ketemu, Anda tekan secara bersamaan tombol Fn + tombol kecerahan tadi.
  • Biasanya terdapat 2 tombol serupa, yakni tombol untuk mencerahkan dan meredupkan.

Untuk cara yang ke-2 ini tidak hanya bisa diterapkan di Windows 7 saja, melainkan di semua versi Windows lama hingga terbaru yakni Windows 10.

2. Mengatur Kecerahan Layar di Windows 8 dan 10

Mengatur Kecerahan Layar di Windows 7
Sumber gambar : teknis.id

Kedua versi Windows ini bisa dibilang hampir sama, hanya beberapa fiturnya saja yang lebih sempurna Windows 10. Namun, untuk urusan mengatur kecerahan layar agaknya sama di kedua versi Windows tersebut.

Cara 1 – Lewat Action Center

  • Langkah yang pertama Anda buka jendela Action Center dengan cara tekan kombinasi tombol Windows + A.
  • Di sisi kanan layar akan muncul jendela Action Center tersebut.
  • Anda fokus pada tombol slider yang ada di bagian bawah dengan logo seperti matahari. Geser ke arah kiri untuk meredupkan layar dan geser ke arah kanan untuk mencerahkannya.

Cara 2 – Lewat Menu Settings

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Settings dengan cara klik Start lalu pilih Settings. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + I.
  • Pada jendela Settings, lanjut masuk ke opsi Settings.
  • Kemudian klik pada opsi Display.
  • Pada bagian Brightness and Color, Anda geser tombol slidernya ke kanan atau ke kiri untuk mengatur kecerahan layar laptop.

Itulah tadi beberapa cara mencerahkan dan meredupkan layar laptop yang paling mudah di semua versi Windows. Semoga informasi di atas bermanfaat. Sekarang Anda bisa dengan mudah mengatur sendiri tingkat kecerahan, sesuai kondisi di sekitar. Sehingga bekerja semakin nyaman.