Cara Mudah Memakai Fitur Baru Split Screen Xiaomi di MIUI

Siapa sih yang gak tahu Xiaomi? Sepertinya jika kamu pecinta gadget kamu sudah tidak asing dengan brand smartphone ternama china ini. Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang paling laris di Indonesia karena banyak sekali produknya yang dijual dengan harga relatif terjangkau dengan Spesifikasi menawan.

Seiring terus berkembangnya teknologi xiaomi terus melakukan sebuah pembaharuan dan fitur fitur menarik untuk para pengguna setia. kali ini fitur baru yang dirilis xiaomi pada MIUI 9 yaitu Split Screen. Seperti yang diketahui, Xiaomi memakai ROM MIUI untuk jalankan setiap perangkat miliknya. ROM MIUI adalah sebuah sistem hasil olahan dari sistem operasi Android yang kerjakan oleh internal perusahaan itu.

ROM MIUI pada awalnya adalah sebuah Custom ROM yang populer di kalangan para pengguna Android. Akan tetapi, sebab Xiaomi ikut terjun ke dalam pengembangan hardware, ROM MIUI jadi ROM asli bawaan ponsel Xiaomi.

Enggak ada bedanya dengan Android, MIUI cuma merombak tampilan supaya terlihat lebih mudah dipakai, serta menambah beberapa fungsi atau fitur utilitas baru, seperti dukungan backup clouds dan pasar aplikasi sendiri.

MIUI berikut ini telah dikembangkan sampai pada versi ke 9. Pada versi ke 9 ini, Xiaomi merombak MIUI dengan memakai basis sistem Android 7 Nougat. Semua kelebihan Android yang sedang popular tersebut tentu saja pula ikut masuk ke dalam MIUI 9 dan menjadi salah satu keunggulan ROM ini dibandingkan dengan pendahulunya.

Salah satu kelebihannya yaitu sebuah fitur Split Screen yang dibawa juga ke MIUI 9. Fitur ini jelas jadi sebuah fitur baru di ROM MIUI. Dan ini, sobat sudah biaa menikmati fitur ini lewat perangkat Xiaomi yang pakai.

Penjelasan paling sederhana, fitur Split Screen adalah sebuah fitur yang bisa dipakai untuk membagi layar untuk menampilkan banyak aplikasi secara bersamaan. Misalnya, sobat kini bisa menonton video dan membalas Chat dari mantan secara bersamaan, tanpa perlu menutup layar salah satu aplikasi.

Cara memakai Split Screen Xiaomi di MIUI

Bila masih bingung dengan penjelasan ini, sobat bisa coba secara langsung fitur terbaru ini. Berikut cara memakai Split Screen MIUI di perangkat Xiaomi.

  • Sebelum mencoba fitur ini, pastikan MIUI yang terpasang di ponsel Xiaomi merupakan versi MIUI 9 ke atas. Jika belum, update terlebih duli versi MIUI yang kamu gunakan.
  • Bila ponsel Xiaomi kamu telah memakai MIUI versi terbaru, fitur Split Screen sudah dapat kamu pakai untuk tampilkan layar muka aplikasi apapun.
  • Untuk mengakses fitur ini, Anda dapat menekan tombol Recent App, adalah sebuah tombol untuk menampilkan semua aplikasi yang baru saja dibuka.
  • Setelah itu klik opsi SplitScreenMode dan drag atau seret aplikasi yang terbuka di daftar aplikasi yang baru saja dibuka ke bagian atas layar ponsel.
  • Setelah memilih aplikasi yang akan di tampilkan pada layar satu, kini kamu bisa memilih aplikasi yang akan ditampilkan pada layar kedua.

Menarik bukan? Fitur Split Screen bisa kamu pakai pula pada ponsel selain Xiaomi, tentu saja dengan cara yang berbeda. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa hanya ponsel-ponsel yang jalankan sistem operasi berbasis Android Nougat ke atas yang dapat menjalankan fitur Split Screen ini. jika bisa mengalami kegagalan dalam menggunakan fitur ini, bukan berarti fitur ini tidak bekerja dengan baik ya, karena hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh aplikasi yang belum mendukung fitur tersebut.