Cara Mudah Mengatasi Pembayaran Lewat Pulsa Tidak Muncul Di Play Store

Cara Mudah Mengatasi Pembayaran Lewat Pulsa Tidak Muncul Di Play Store

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. bertemu lagi bersama mimin yang akan memberikan kamu informasi penting mengenai berbagai cara & trik rahasia yang bisa kamu gunakan pada perangkat smartphone milik kamu.

Dalam artikel ini mimin akan mengulas cara Mudah Mengatasi Pembayaran Lewat Pulsa Tidak Muncul Di Play Store, karena mimin telah mendapat laporan jika beberapa pengguna yang mengeluhkan fitur bayar pakai pulsa di google play store saat melakukan pembelian tidak tersedia, yuk kita ulas solusinya berikut ini.

Solusi 1 : Memakai Metode Clear Data dan Cache

Umumnya saat pilihan pembayaran lewat pulsa enggak muncul di Google Play pada pengguna kartu SIM baru di Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi sebab penggunanya kudu menunggu otorisasi dari operator dalam beberapa waktu sehingga nantinya akan muncul menu penambahan menu aktifkan penagihan Indosat (tergantung nama operator).

Akan tetapi, umumnya jika sobat enggak sabar menunggu sehingga mau memepercepat agar penagihan pembayaran via pulsa secepatnya muncul maka bisa sobat melakukan metode menghapus data dan cache. Untuk bisa menghapus data dan cache maka sobat bisa mengikuti tutorial berikut ini :

Solusi 1 Part 1

  • Pertama, sobat bisa masuk ke menu Settings (Pengaturan)
  • Berikutnya, sobat bisa memilih menu App (Aplikasi)
  • Dalam menu App (Aplikasi), sobat bisa membuka aplikasi Google Play Store

Kemudian, sobat juga bisa pilih langsung tombol Clear Cache (Hapus Cache) dan Clear Data (Hapus Data) untuk Android versi Lollipop ke bawah. Sementara untuk Android versi Marshmallow ke atas dapat memilih terlebih dahulu menu Storage (Penyimpanan) yang di dalamnya berisi kedua tombol tersebut.

  • Setelah data dan cache bersih maka sobat bisa langsung melakukan restart pada smartphone yang dipunyai.

Jika smartphone menyala kembali maka sobat bisa langsung membuka aplikasi Google Play Store di homescreen untuk melihat perubahannya. (Kemungkinan besar kamu akan diminat login sehingga kamu dapat memasukkan username dan password sesuai dengan akun Google yang digunakan pada smartphone)

Solusi 1 Part 2

  • Lalu, sobat bisa memilih menu Account (Akun) di menu berlambang garis berjajar tinggi yang berada di bagian kiri atas kiri aplikasi Google Play Store
  • Selanjutnya, sobat juga akan dihadapkan pada beberapa menu yang salah satunya yaitu
  • Payment Method (Metode Pembayar)
  • Setelah masuk ke halaman menu Payment Method (Metode Pembayaran), sobat bisa langsung pilih Aktifkan Penagihan Indosat (Enable Indosat Billing)
  • Kotak dialog verifikasi akun secara otomatis akan muncul dan Gadgeter bisa langsung menyetujuinya sehingga pihak Google akan mengirimkan SMS verifikasi

Solusi 1 Part 3

  • Setelah verifikasi selesai maka sobat bisa melakukan pembayaran lewat pulsa saat akan membeli aplikasi, game, buku, ataupun video di Google Play Store

Solusi 2 : Mengubah Kartu SIM yang Ditagih Menjadi Utama

Masalah tidak munculnya pembelian lewat pulsa di Google Play Store biasanya banyak terjadi pada smartphone yang mendukung dua kartu SIM. Hal ini terjadi karena terkadang kartu SIM yang berada slot 1 yang akan ditagih oleh Google Play Store, namun ternyata kartu SIM tersebut tidak mendukung fitur pembayaran lewat pulsa sehingga tidak akan muncul di Google Play Store.

Sementara kartu SIM yang disimpan di slot 2 justru yang mendukung pembayaran lewat pulsa. Untuk mengatasi solusi tersebut, Gadgeter dapat mengubah jaringan utamanya menjadi di slot 2. Untuk itu, Gadgeter dapat mengikuti metode berikut ini :

Solusi 2 ok

  • Pertama, sobatdapat membuka menu Settings (Pengaturan)
  • Kemudian, sobat bisa memilih menu Dual SIM card settings (pengaturan kartu SIM ganda)
  • Selanjutnya, sobat dapat mengatur Voice Call (Panggilan Suara), SMS messages (Pesan SMS), dan Data Service Network (Jaringan Layanan Data) ke SIM yang berada di slot 2, misalnya Indosat
  • Setelah semua pengaturan berhasil maka sobat dapat langsung menghapus data dan cache Google Play Store dengan menggunakan Solusi 1.
  • Setelah berhasil membersihkan cache dan data Google Play Store maka sobat dapat langsung melakukan restart pada smartphone
  • Setelah smartphone menyala kembali maka sobat dapat langsung membuka aplikasi Google Play Store dan mengikuti langkah di Solusi 1 hingga selesai.

Namun apabila mengubah kartu SIM slot 2 menjadi jaringan utama masih gagal maka dapat menggunakan satu kartu SIM utama saja pada smartphone selama melakukan pembelian aplikasi, buku, video, maupun game.