Keunggulan & Kelemahan realme 5 | HP Murah Spek Mewah

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas keunggulan dan kelemahan salah satu produk realme yaitu realme 5.

Sekilas. realme 5 adalah smartphone dengan versi murah dari realme 5 Pro yang dirilis pada tahun 2019 lalu. desain dari kedua smartphone ini pula sangat mirip sob akan tetapi menawarkan spesifikasi yang cukup berbeda dari mulai SoC sampai baterai yang dipakai.

Kelebihan realme 5

Salah satu kelebihan di antaranya, smartphone baru buatan realme tersebut sudah dilengkapi dengan kamera utama yang muat empat jenis lensa yang berbeda, sehingga dapat mengakomodir semua kebutuhan fotografi pengguna.

Ada pula komposisi dari lensa di kamera realme 5 tersebut adalah lensa utama beresolusi 12 MP (f/1.8), lensa ultra wide-angle 119 derajat beresolusi 8 MP (f/2.25), lensa makro 2 MP, serta lensa potret 2 MP.

Selain mempunyai sebuah kemampuan fotografi yang cukup lengkap, realme 5 juga dilengkapi dengan SoC yang cukup kuat. Untuk menunjang setiap aktivitasnya, perangkat tersebut sudah mempercayakan kemampuannya kepada Snapdragon 665.

Snapdragon 665 sendiri adalah SoC menengah yang bertenaga dari Qualcomm. SoC ini dibangun berdasarkan embat inti Kyro 260 Gold dan empat inti Kyro 260 Silver yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 610.

Dibangun dengan pabrikasi 11 nm yang lebih efisien, Snapdragon 665 menawarkan kinerja yang mumpuni, yang dapat diandalkan untuk jalankan berbagai macam aplikasi sampai bermain game berat sekalipun – meskipun beberapa game enggak akan mencapai settingan maksimal.

Berdasarkan hasil coba yang dilakukan oleh GSMArena, realme 5 yang ditenagai dengan SoC Snapdragon 665 ini dapat menyentuh angka 139.516 saat diuji sentuh AnTuTu 7, yang notabene kalahkan smartphone menengah lain seperti Xiaomi Redmi Note 7 atau realme 3.

Imbangi SoC yang cukup kuat tersebut, realme 5 pun sudah didukung dengan Ram dengan kapasitas maksimal hingga 4 GB, dengan pilihan penyimpanan internal yang variatif, dari mulai 32 GB, 64 GB hingga 128 GB.

Yang enggak kalah menarik, dengan SoC yang sudah lebih efisien, realme 5 masih mengandalkan baterai dengan kapasitas yang sangat besar. Bahkan dengan baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh tersebut, realme 5 diklaim bisa digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 8,5 Jam hingga memutar YouTube selama 19,1 jam.

Selain itu, perangkat ini – baik komponen dalam ataupun luarnya – udah dilindungi dengan lapisan kedap air dan kedap udara, untuk mastikan perangkat itu tetap dalam kondisi aman untuk melakukan aktivitas apapun, kecuali aktivitas ekstrem seperti berenang atau menyelam.

Yang cukup disayangkan, meskipun sudah mempunyai jeroan yang cukup pas, realme 5 masih memakauy port Micro-USB sebagai port untuk transfer data maupun port untuk pengisian dayanya. Bukan cuma itu, layarnya yang masih HD+ pula dapat jadi catatan tersendiri, karena beberapa smartphone yang hadir dengan resolusi Full HD+ yang memberikan tampilan yang lebih tajam.

Absennya pengisian cepat khas VOOC Flash Charge dalam paket penjualannya juga menjadi kekurangan yang kudu dipertimbangkan. Yang mana dalam hal tersebut, realme 5 hanya dilengkapi dengan pengisian daya 10 Watt.