Realme 5 Pro vs Vivo Z1 Pro | Mana yang Terbaik?

Realme 5 Pro vs Vivo Z1 Pro | Mana yang Terbaik?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua smartphone terbaru vivo yaitu realme 5 pro dan vivo z1 Pro yang menjadi primadona di kalangan anak muda.

Dua tipe smartphone ini bisa jadi daftar list kamu ketika ingin membeli smartphone dengan harga dibawah 3 juta. Karena Realme 5 pro dan vivo Z1 pro merupakan smartphone yang diperuntukkan untuk pengguna kelas menengah dengan spesifikasi menarik.

Layar

Realme 5 Pro memiliki sebuah desain layar penuh dengan poni berbentuk tetesan embun di bagian tengah atasnya. Sementara vivo Z1 Pro telah memakai sebuah desain layar penuh dengan punch hole di bagian kiri atasnya.

Bukan cuma untuk mengurangi jarak bezel di bagian atas, poni dan punch hole juga dipakai untuk menyimpan kamera depannya. Secara pribadi, saya lebih menyukai poni sebab terlihat simetris dibandingkan punch hole yang diposisikan di bagian kiri atau kanan.

Namun apabila kamu tidak menyukai keduanya, maka kamu dapat menyembunyikannya dengan fitur yang tersedia pada menu Settings. Nantinya pada saat fitur penyembunyi diaktifkan maka akan muncul garis hitam di bagian atas yang menyembunyikan poni atau punch hole.

Software

Realme dan vivo sama-sama memberikan sebuah tampilan antarmuka buatan sendiri pada sistem operasi yang disematkan dalam smartphone ciptaannya. Realme 5 Pro menggunakan ColorOS 6.0 dan vivo Z1 Pro memakai Funtouch OS 9. Keduanya sama-sama berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie.

Realme 5 Pro sendiri mempunyai dua pilihan tampilan Home Screen yang dapat diatur dengan App Drawer atau tidak. Akan tetapi secara bawaan, realme 5 Pro akan langsung menggunakan Home Screen App Drawer. Sedangkan vivo Z1 Pro hanya mempunyai tampilan Home Screen tanpa App Drawer.

Sistem operasi kedua smartphone tersebut mrmiliki berbagai tambahan yang dapat membantu penggunanya dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari kloning aplikasi, gesture, dual-split multitasking, dan masih banyak lagi.

ferforma

Realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro sama-sama dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-Core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver). Chipset kelas menengah ini mempunyai tenaga berkat penggunaan teknologi proses 10nm yang efisien.

Untuk menguji kemampuan dan performa dari kedua smartphone ini, saya pun bisa menjalankan beragam aktivitas menggunakan aplikasi sehari-sehari secara multitasking, navigasi smartphone, hingga memainkan game.

Kamera

Realme 5 Pro hadir dengan 4 kamera belakang yang memiliki konfigurasi kamera utama 48 MP (apertur f/1.8) bersensor Sony IMX586, kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2), kamera sekunder 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra makro 2 MP (apertur f/2.4) ditambah kamera depan 16 MP (apertur f/2.0).

Sementara vivo Z1 Pro disusupi dengan 3 kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 16 MP (apertur f/1.8), kamera sekunder 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2) serta kamera depan 32 MP (apertur f/2.0)

Realme 5 Pro mempunyai sebuah fitur khusus pada aplikasi kamera bawaannya yang bernama Nightscape dan Chroma Boost. Nightscape memungkinkan pengambilan foto di malam hari jadi lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Berikutnya, Chroma Boost akan memberikan peningkatan kecerahan dan kepekatan warna yang optimal pada foto yang dihasilkan. Untuk vivo Z1 Pro dibekali dengan fitur Night Mode yang cara kerjanya hampir mirip dengan Nightscape untuk hasilkan foto yang terang dan minim noise di malam hari.

Baik realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro mempunyai beragam fitur lain pada aplikasi kamera bawaannya yang bisa membantu penggunanya untuk mengambil foto dengan bagus. Berikut merupakan hasil foto yang dihasilkan oleh kedua smartphone (klik tiap foto untuk foto dengan resolusi asli).

Kesimpulan

Setelah dibandingkan secara keseluruhan, realme 5 Pro ungguli vivo Z1 Pro dari sisi kemampuan kamera belakang. Hadirnya 4 kamera belakang dengan berbagai lensa membuat realme 5 Pro bisa hasilkan foto yang lebih menarik dibandingkan vivo Z1 Pro.

Ditambah lagi realme 5 Pro memiliki fitur Chroma Boost yang bisa meningkatkan kecerahan dan kepekatan warna sehingga membuat foto menjadi lebih menarik. Realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro sama-sama memiliki fitur untuk menghasilkan foto malam yang terang dan minim noise.

Realme 5 Pro juga lebih unggul dari sisi harga jual melihat harganya untuk varian RAM 4GB dengan kapasitas internal 128GB adalah Rp2.999.000 sedangkan Vivo Z1 Pro varian RAM 4GB dengan kapasitas internal hanya 64GB dijual dengan harga Rp3.099.000.

Dari sisi performa kedua smartphone tersebut sama-sama mampu bersaing karena telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-Core yang berteknologi proses 10nm sehingga hasilkan performa yang bertenaga. Akan tetapi, kapasitas baterainya lebih besar vivo Z1 Pro dibandingkan realme 5 Pro.