Inilah 6 Fungsi NFC di Smartphone yang Wajib Kamu Tahu!

Pada artikel sebelumnya mimin sudah mengulas berbagai smartphone terbaru yang sudah mempunyai sebuah teknologi canggih bernama NFC yang terdapat pada sedikit smartphone ternama. oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan mengulas apa sih fungsi NFC di smartphone, yuk kita ulas berikut ini.

Pembayaran Digital

Dengan hadirnya NFC, jadi untuk kamu pengguna smartphone bisa lakukan sebuah pembayaran digital dengan mudah dan aman. Kamu bisa simpan informasi kartu debit maupun kredit melalui aplikasi Samsung Pay, Apple Pay, Paypal, atau lainnya.

Dengan kata lain, kamu cuma perlu untuk aktifkan aplikasi pembayaran digital dan sensor NFC. Berikutnya, smartphone bisa didekatkan ke mesin pembayaran untuk memulai proses transaksi.

Terakhir, kamu bisa memasukkan PIN atau melakukan tanda tangan di smartphone untuk selesaikaj pembayaran. Tentu saja untuk melakukan pembayaran lewat NFC ini lebih praktis dibandingkan bawa banyak kartu kemana-mana.

Transportasi Umum

Di beberapa negara maju, smartphone dengan NFC bisa dipakai untuk lakukan saat pembayaran tiket langsung. Nantinya kamu cukup mendekatkan smartphone dengan sensor NFC yang terdapat di gate masuk dan keluar stasiun ataupun terminal dari angkutan umum yang digunakan.

Hubungkan Dua Perangkat

NFC bisa dipakai untuk bikin dua perangkat saling bertransfer data. Enggak cuma smartphone, sebetulnya banyak perangkat yang dapat terhubung dengan memakai perangkat sensor ini. Kamu bisa hubungkan smartphone dengan kamera mirrorless atau DSLR, dengan printer, dengan produk audio, dan masih banyak lagi.

Teknologi NFC ini pula mungkinkan dua perangkat bisa terhubung dengan cepat dan tidak perlu repot pairing seperti teknologi Bluetooth.

Kunci Keamanan

Selain banyak berperan dalam pembayaran digital, sensor NFC ini pula dikembangkan untuk kunci keamanan baik itu rumah atau mobil. Nantinya kunci bisa terbuka cuma dengan menempelkan smartphone ke sensor yang ada.

Informasi Produk

Sejumlah produk merek terkenal pula ternyata pernah mengembangkan teknologi NFC untuk mudahkan promosi produknya di tempat umum. Contohnya saja sebuah poster yang meminta pengguna untuk menempelkan smartphone di area tertentu yang mempunyai sensor NFC sehingga akan muncul informasi lengkap tentang produk yang sedang dipromosikan tersebut.

Melihat dari segala fungsinya, teknologi NFC bisa dikembangkan untuk beragam kebutuhan masyarakat sesuai dengan kreativitas masing-masing. Dengan semakin banyaknya produk yang memanfaatkan NFC, maka enggak menutup kemungkinan teknologi tersebut kelak akan hadir di seluruh smartphone.