Cara Hentikan Restart Otomatis di Windows 10
Sumber gambar: teknologi channel

Cara Hentikan Restart Otomatis di Windows 10

Buat kamu pengguna windows 10 mungkin sedang berbahagia karena telah mengupdate versi terbaru dari Microsoft ini, namun terlepas dari fitur fitur kerennya. Ternyata windows 10 memiliki sebuah permasalahan yang membuat para pengguna tidak nyaman.

Kabarnya setelah melakukan update ke windows 10 para pengguna mengeluhkan windows 10 akan melakukan restart secara otomatis. Meskipun telah mengetahui kalau hal tersebut dapat membuat performa menjadi lebih baik. Namun, tak sedikit yang terganggu dengan sistem tersebut.

Oleh karena itu, Teknohits telah merangkum cara untuk menghentikan Windows 10 agar tak melakukan proses restart berikut ini:

Pertama ialah dengan membuka menu Start, kemudian cari pilihan Task Scheduler, dan klik hasil pada opsi tersebut untuk menampilkan alat. Klik kanan bagian Reboot dan pilih di bagian Disable.

Dengan cara tersebut maka Windows 10 tak akan melakukan proses restart setelah melakukan pembaruan secara otomatis. Kendati demikian, agar pemasangan update bisa dilakukan, Anda harus melakukan restart terlebih dahulu.

Selain itu, Windows 10 juga sewaktu-waktu dapat mengembalikan sistem restart otomatis di kemudian hari. Namun tak perlu khawatir, cara berikut ini bisa jadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Tekan tombol berlogo Windows berbarengan dengan tobol R sebagai jalan pintas ke menu Run Command. Setelah itu, pengguna bisa menyalin kode di bawah ini dan menaruh (paste) di dalamnya.

“%windir%System32TasksMicrosoftWindowsUpdateOrchestrator” (hilangkan tanda petik).

Selanjutnya, pilih bagian Reboot tanpa sebuah ekstensi, klik kanan di bagian tersebut, dan ubahlah nama dengan menu Rename. Ubah nama Reboot menjadi Reboot.old. Kemudian klik di dalam folder, pilih bagian New dan klik kolom Folder.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah tersebut, Windows 10 tidak akan lagi melakukan restart secara otomatis. Hanya, karena tak sepenuhnya didukung oleh Microsoft, Anda harus menanggung risiko yang ditimbulkannya.