Wow! Ternyata Ikan Hiu Memiliki Puluhan Ribu Gigi Seumur Hidupnya

Jika berbicara predator air yang paling menyeramkan selain buaya, tentu saja kamu akan menyebut ikan hiu tentunya, karena ikan ini memiliki ukuran yang sangat besar dan mempunyai gigi yang sangat tajam, karena jika kamu melihat ikan tersebut memakan sesuatu tentu saja tidak perlu butuh waktu yang banyak untuk menghabiskan makanan tersebut karena gigi hiu yang sangat kuat.

Namun, tahukah kamu berapa banyak jumlah gigi hiu seumur hidupnya?

Sekedar informasi, ikan hiu merupakan spesies yang selalu menggugurkan giginya, namun tak butuh waktu lama gigi tersebut akan tumbuh kembali dengan waktu 24 jam. Dalam sebuah penelitian sekitar 35.000 gigi dalam seumur hidupnya. Gigi hiu bergantung pada makanannya seperti spesies yang memakan krustasea dan moluska yang memiliki gigi lebih rata.

Gigi hiu sebagaimana diketahui berjajar atau berderet. Hiu banteng misalnya memiliki 50 gigi dalam tujuh rangkaian terluar yang menjadi bagian paling fungsional. Sementara gigi hiu terkecil hanya berukuran 1,2 cm dengan ukuran rata-rata 17,7 cm.

Banyak hiu memiliki 5-15 baris gigi di setiap rahangnya. Salah satu alasan utama mengapa giig hiu mudah gugur adalah karena mereka tidak memiliki akar untuk menahannya. Setiap gigi hiu biasanya hanya bertahan selama sekira seminggu sebelum akhirnya gugur atau tanggal.

Saat salah satu gigi gugur, gigi lainnya yang berada di bagian belakang bergerak untuk menggantikannya. Proses itu sendiri hanya berlangsung selama 24 jam saja.

Ikan hiu terus mengganti gigi mereka seumur hidupnya. Gigi baru mereka bahkan tumbuh lebih besar ketimbang gigi yang telah tanggal. Gigi hiu juga memiliki variabilitas yang tinggi. Beberapa gigi tampak rata, dan lainnya bengkok. Sementara itu ada juga gigi yang tampak lurus.

Hiu yang menghuni perairan dangkal di mana mereka umumnya memakan krustasea seperti udang, moluska dan lobster sangat mudah beradaptasi untuk menghancurkan mangsa. Namun spesies yang memakan ikan, memiliki gigi yang lebih runcing yang membantu mereka menangkap ikan dengan tepat.

Para ilmuwan sebelumnya telah menemukan gigi hiu megalodon di seluruh dunia. Hiu ini bahkan dipercaya memiliki lebih banyak gigi seperti hiu putih berukuran besar. Hiu megalodon disebut memiliki sekira 276 gigi di rahanya yang terpasang dalam 5 baris. Semua giginya meruncing dengan ukuran 17,5 cm dan diyakini merupakan gigi terbesar yang pernah ada untuk spesies hiu baik yang sudah punah maupun yang masih bertahan hidup.

Tinggalkan komentar