Fakta Fakta Rahasia Mengenai Bulan
Sumber gambar: idn times

Fakta Fakta Rahasia Mengenai Bulan

Apa itu bulan? Bulan merupakan satelit alami dari bumi dan satelit terbesar kelima dalam tata surya. Bulan bisa juga diartikan sebagai benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri, nah selama ini jika kalian melihat Bulan terlihat terang itu karena pantulan dari cahaya Matahari. Walaupun Bulan terlihat sangat putih dan terang, namun permukaan Bulan sangatlah gelap. Jarak orbit Bulan dari Bumi saat ini adalah sekitar 384.000 km.

Membahas mengenai bulan, ternyata bulan memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui manusia loh, dan hanya para ilmuwan yang sering melakukan penelitian saja yang tahu akan fakta fakta menarik mengenai benda langit ini.

 

Untuk itu, yuk kita bahas Fakta-Fakta Bulan yang Perlu Anda Ketahui

 

Ternyata ukuran asli bulan yaitu seperempat lebih kecil dari Bumi loh, Lebih tepatnya, Bulan memiliki radius rata-rata 1.737,5 kilometer dengan diameter 3.475 kilometer. Menurut penelitian badan antariksa Amerika Serikat atau NASA, bila Bumi seukuran nikel, maka bulan akan sebesar biji kopi saja. Luas permukaan bulan adalah sekira 38 juta kilometer persegi yang kurang luas dari permukaan keseluruhan benua Asia.

Massa bulan adalah sekira 1,2 persen massa bumi dengan kata lain Bumi memiliki berat 81 kali lebih banyak dari Bulan. Kepadatan bulan mencapai 3,34 gr/cm3 dan itu sekira 60 persen kerapatan Bumi.

Bulan Bumi ialah Bulan terpadat kedua di tata surya. Gaya gravitasi Bulan hanya sekira 16,6 persen dari gravitasi Bumi, seseorang yang dapat melompat 10 kaki di Bumi akan bisa melompat hampir 60 kaki di Bulan. Seperti kebanyakan dunia tata surya, gravitasi Bulan bervariasi berdasarkan fitur permukannya.