Ponsel Kamu Disadap Hacker
Sumber gambar: cnbc

Inilah 7 Tanda Ponsel Kamu Disadap Hacker

Para pengguna smartphone tentu saja menggunakan ponsel pintar pribadinya sebagai salah satu alat menyimpan data pribadi bahkan rahasia yang tidak ingin diketahui orang lain. seperti sebuah data penting pekerjaan bahkan sebuah pasword yang mempunyai akses ke beberapa aplikasi penting.

saat ini marak sekali pencurian data ponsel dengan modus dan motif tujuan tertentu. kamu tentu harus tahu berbagai tanda jika ponsel milikmu disadap oleh orang tak dikenal atau seorang hacker, maka dari itu teknohits ingin memberikan info penting mengenai tanda tanda jika ponsel kamu telah disadap.

 

Inilah 7 Tanda Ponsel Kamu Disadap Hacker

 

1. Suara-suara tidak jelas

Kamu harus waspada jika ada suara klik atau suara yang jauh masuk ke smarphone selama percakapan, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang diintai. Mungkin zaman dulu suara seperti itu wajar karena terkait jaringan. Namun di era sekarang di mana ponsel menggunakan jaringan digital, maka jika ada suara-suara aneh tersebut ada kemungkinan ponsel kamu telah disadap.

 

2. Penurunan daya baterai

Indikasi lain smartphone yang disadap merupakan kinerja baterai yang berkurang. Jika ponsel disadap, mereka akan merekam aktivitas ponsel dan mengirimkannnya ke pihak ketiga. Cara itu akan meninggalkan jejak berupa peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan daya lebih cepat.

 

3. Ponsel menunjukkan aktivitas saat tidak digunakan

Jika ponsel kamu mengeluarkan suara-suara atau menyalakan layar saat sedang tidak digunakan, bisa jadi karena ponsel sedang disadap. Ponsel yang kerap restart tiba-tiba juga bisa jadi karena ada pihak yang memiliki akses jarak jauh terhadap ponsel Anda.

 

4. Butuh waktu lama untuk matikan ponsel

Sebelum ponsel pintar dimatikan, ia harus menyelesaikan semua tugas yang sedang diproses. Jika ponsel Anda mengirimkan data ke seseorang, ia harus menyelesaikan prosesnya sebelum dimatikan.

VIRAL :  Galaxy S22, Motorola Edge X30, dan Realme GT 2 Pro Meluncur Akhir Tahun

Akibatnya, jika ponsel membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk dimatikan, terutama setelah panggilan, teks, email, atau browser, ponsel tersebut dapat mengirimkan informasi ke pihak ketiga.

 

5. Baterai cepat panas

Indikator lain dari kemungkinan ponsel kamu disadap yaitu suhu baterai. Jika ponsel terasa panas bahkan saat tidak digunakan, ada kemungkinan ponsel masih digunakan untuk mengirim data secara diam-diam. Namun ini hanya pertanda potensial.

 

6. Menerima pesan tidak biasa

Hati-hati bila menerima pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol atau karakter acak. Sebab fitur remote control dari sebuah perangkat lunak untuk memata-matai bekerja dengan cara mengirimkan pesan teks tersandi rahasia ke ponsel Anda.

 

7. Penggunaan data meningkat

Beberapa aplikasi mata-mata yang kurang andal menggunakan data tambahan untuk mengirim informasi yang dikumpulkan dari ponsel kamu, jadi waspadalah terhadap peningkatan penggunaan data bulanan kamu yang tidak wajar.