Awas! Inilah Deretan Film Paling Kontroversial yang Pernah Ada

dalam artikel kali ini teknohits akan menggulas film yang dibilang sebagai film kontroversial, bahkan saking kontoversial nya film tersebut diboikot dan dilarang tayang di beberapa tempat, penasaran film apa saja ? Yuk disimak infonya dibawah ini.

1. The Birth of a Nation (1915)

The Birth of a Nation (1915)
Sumber gambar: Wikipedia

Hallo guys kamu pernah gak mendengar istilah Ku Klux Klan atau KKK? KKK adalah kelompok ekstrimis kulit putih di Amerika Serikat. Meski saat kini dianggap sebagai organisasi terlarang, nyatanya kini KKK mulai bangkit lagi. The Birth of a Nation adalah film yang dirilis di era rasisme masih merajalela di Amerika Serikat. Pada eranya, film ini sangat populer, bahkan ditayangkan di Gedung Putih. Film ini berkisah mengenai perjuangan Ku Klux Klan sebagai sebuah kelompok yang berjasa atas berdirinya negara Amerika Serikat. Di film ini, KKK berjuang menumpas orang-orang kulit berwarna yang digambarkan sebagai penjahat.

2. Cannibal Holocaust (1980)

Cannibal Holocaust (1980)
Sumber gambar: youtube

Cannibal Holocaust adalah pelopor dalam film ber-genre found footage seperti The Blair Witch Project. Sebelum membuat film, sang sutradara membuat perjanjian dengan para aktor untuk tidak tampil di publik setelah film tayang. Hal itu memiliki tujuan agar publik mengira kalau pembunuhan serta kanibalisme yang dilakukan oleh suku Amazon dalam film adalah kejadian nyata. Teknohits tidak menyarankan kamu untuk menonton film sadis ini, sobat. Setelah tayang, sang sutradara ditangkap atas tuduhan pembunuhan. Ia pun terpaksa memanggil para aktor yang terlibat di dalam film untuk mengklarifikasikan bahwa film tersebut merupakan rekayasa, sobat.

3. The Last Temptation of Christ (1988)

The Last Temptation of Christ (1988)

Film bertema agama nampaknya banyak sekali yang kontroversial. Salah satunya yaitu The Last Temptation of Christ yang disutradarai oleh Martin Scorsese. Film ini berkisah kisah penyaliban Yesus, hanya saja di sini Yesus kemudian tergoda dengan kehidupan fana dan kemudian berhubungan seks dengan Maria Magdalena. Pantas saja kontroversial ya, sobat. Selain itu juga film ini dikritik karena pemilihan aktor yang dianggap nggak cocok dengan peran yang dimainkan. Ada-ada saja.

4. Salo, or the 120 Days of Sodom (1975)

Salo, or the 120 Days of Sodom (1975)
Sumber gambar: the times

Salo, or the 120 Days of Sodom merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Pier Paolo Pasolini dan dirilis pada tahun 1975. Film kontroversial ini mengambil setting perang dunia ke-2 di Italia. Film ini bercerita tentang penculikan dan penyiksaan seksual selama 120 hari terhadap banyak remaja laki-laki dan perempuan di bawah umur oleh bangsawan-bangsawan Italia kala itu. Selain menampilkan adegan-adegan seksual yang mengerikan, para pemeran di film ini juga masih di bawah umur. Bahkan, seorang pemilik toko buku di Amerika dipenjara karena ketahuan menjual film ini.

5. Innocence of Muslim (2012)

Innocence of Muslim (2012)
Sumber gambar: liputan 6

Innocence of Muslim adalah sebuah film paling kontroversial, terutama untuk pemeluk agama Islam. Pasalnya, film ini memiliki tema anti-Islam, sobat. Film pendek yang satu ini diproduseri dan ditulis oleh pria asal Mesir bernama Nakoula Basseley Nakoula. Film pendek ini pertama kali ditayangkan di YouTube dan langsung mendapatkan kecaman dari umat Muslim. Karenanya, film ini visualkan Nabi Muhammad sebagai orang yang kasar, bodoh, dan suka menipu. Film ini bahkan mengakibatkan kerusuhan besar di Libya dan Mesir