Logo Ansor: Simbol Perjuangan Pemuda Nahdlatul Ulama

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Logo Ansor. Ansor sendiri adalah singkatan dari ‘Ahlussunnah Wal Jama’ah’, sebuah organisasi pemuda yang berada di bawah Nahdlatul Ulama.Logo Ansor merupakan salah satu simbol perjuangan pemuda Nahdlatul Ulama. Logo ini memiliki makna yang dalam dan memiliki sejarah panjang dalam perkembangan organisasi pemuda di Indonesia.

Sejarah Logo Ansor

Logo Ansor pertama kali diperkenalkan pada tahun 1943. Logo ini didesain oleh salah satu pengurus Ansor, yaitu KH. Masdar Mas’udi.Desain logo ini terinspirasi dari logo Nahdlatul Ulama yang sudah ada sejak tahun 1926. Logo ini menggunakan warna hijau sebagai latar belakang dan memiliki gambar matahari di tengahnya.Logo Ansor yang pertama ini memiliki makna yang sangat dalam. Matahari yang menjadi simbol utama logo ini melambangkan cahaya yang menerangi kegelapan. Sedangkan warna hijau melambangkan harapan dan kebahagiaan.

Makna Logo Ansor

Logo Ansor memiliki makna yang sangat dalam. Matahari yang menjadi simbol utama logo ini melambangkan cahaya yang menerangi kegelapan. Cahaya ini melambangkan kebenaran dan keadilan yang harus selalu diperjuangkan.Sedangkan warna hijau pada logo ini melambangkan harapan dan kebahagiaan. Warna hijau juga melambangkan kesuburan dan kehidupan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Pembaharuan Logo Ansor

Meskipun Logo Ansor sudah memiliki sejarah panjang, namun pada tahun 2017, organisasi ini melakukan pembaharuan pada logo mereka. Logo baru ini memiliki desain yang lebih modern dan lebih simpel.Logo baru Ansor ini memiliki gambar matahari yang lebih abstrak dan memiliki warna biru sebagai latar belakang. Desain yang simpel dan modern ini membuat logo Ansor lebih mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Kesimpulan

Logo Ansor merupakan simbol perjuangan pemuda Nahdlatul Ulama. Logo ini memiliki makna yang sangat dalam dan memiliki sejarah panjang dalam perkembangan organisasi pemuda di Indonesia.Meskipun telah mengalami pembaharuan, namun makna dari Logo Ansor tetap sama. Sebagai pemuda Indonesia, mari kita terus menjaga semangat perjuangan dan memperjuangkan kebenaran dan keadilan untuk Indonesia yang lebih baik.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Logo Ansor: Simbol Perjuangan Pemuda Nahdlatul Ulama