Tips Rahasia Cegah Peretasan Akun Instagram, Perhatikan 4 Hal Ini

Peretasan akun media sosial sering kali melancarkan aksinya, instagram termasuk aplikasi yang menjadi target para hacker untuk membajak akun terutama akun yang memiliki banyak followers didalamnya, seperti akun selebgram, influencer, artis dan lainnya.  Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus melakukan trik rahasia ini agar akun instagram kamu aman dari jangkauan hacker. Baik langsung saja.

Tips Rahasia Cegah Peretasan Akun Instagram, Perhatikan 4 Hal Ini

1. Hati-hati dengan Akun Palsu

Berhati-hatilah kamu pada akun palsu yang mungkin mengandung bot atau alat peretasan. Akun itu mengikuti akun Instagram acak dengan harapan mendapatkan akses ke kata sandi mereka. Pastikan juga untuk tidak membuka direct message (DM) yang dikirimkan oleh akun palsu. Pasalnya DM dapat memuat alat dan program peretasan melacak kata sandi kamu dan informasi masuk yang menyediakan akses ke peretas.

 

2. Jangan Ikuti Profil Mencurigakan

Ada banyak cara untuk menemukan profil yang mencurigakan meskipun mungkin diberi nama sesuai dengan bintang film favorit kamu. Ini sebenarnya adalah salah satu cara paling umum peretas masuk ke akun dan profil kamu. Sederhananya, jika Anda tidak tahu orang atau profil yang baru saja mengikuti kamu, pastikan untuk tidak mengikuti mereka kembali.

Beberapa pengidentifikasi karakteristik untuk profil mencurigakan ini adalah biasanya mereka tidak akan begitu aktif dengan posting terbaru sejak beberapa bulan yang lalu. Lalu jumlah pengikut mereka mungkin terlalu rendah atau bahkan tidak sama sekali. Terakhir, kemungkinan tidak ada gambar profil apa pun di profil mereka atau dapat berupa selebritas yang Anda sukai.

 

3. Buka Tautan Eksternal dengan Hati-hati

Risiko peretasan lainnya yaitu membuka tautan eksternal yang mencurigakan. Profil belanja dengan setiap jenis produk dapat memiliki alat retas yang tertanam di dalamnya. Saat kamu mengetuk bagian atas, arloji, penutup smartphone, atau tautan barang lain, kamu bisa dipindahkan ke tautan eksternal. Tautan eksternal ini mungkin atau mungkin tidak meminta kamu untuk memasukkan detail login kamu.

Dalam kedua kasus, kode berbahaya di tautan eksternal tersebut dapat meretas kata sandi dan detail login kamu. Peretas dapat mengakses informasi itu dari sistem mereka dan mendapatkan kendali penuh atas akun kamu. Kamu hanya harus membuka tautan eksternal untuk halaman dan profil yang Anda percayai dan tidak ada yang tidak dipercaya sama sekali.

 

4. Hindari Tampilan Posting Instagram dari Platform Lain

Biasanya, saat menjelajah Internet dari Google Chrome atau browser lain, kamu dapat diarahkan ke posting atau gambar Instagram tertentu. Ini mungkin terdengar tidak berbahaya dan sangat ramah menunjukkan kepada kamu postingan yang ingin kamu lihat. Tetapi, pada kenyataannya, ini adalah taktik yang digunakan oleh peretas untuk meretas detail login kamu.